Komite Keuangan Majelis Nasional Prancis pekan ini menyetujui usulan untuk mengenakan pajak atas penukaran ke stablecoin yang dipatok ke mata uang fiat dan memperluas pajak keluar negara tersebut hingga mencakup investor kripto.
Amendemen I-CF1826, yang diajukan oleh anggota parlemen Prancis Nicolas Sansu dan disetujui pada Rabu, akan menjadikan konversi kripto ke stablecoin yang dipatok ke mata uang fiat sebagai peristiwa kena pajak mulai 1 Januari 2027.
Menurut terjemahan mesin, teks penjelasannya menyebut perlakuan pajak saat ini sebagai “celah dalam perundang-undangan”.
Keuntungan kena pajak akan dihitung berdasarkan harga perolehan aset yang dilepas, dengan menggunakan harga rata-rata tertimbang untuk kepemilikan token yang sama yang dibeli dengan harga berbeda.
Sidang paripurna dijadwalkan mulai membahas Rancangan Undang-Undang Keuangan 2027 pada Selasa, 13 Oktober. Jika disahkan, investor dapat dikenai pajak keuntungan modal tanpa mencairkan aset menjadi mata uang fiat.
Amendemen I-CCF798 yang diajukan anggota parlemen Daniel Labaronne dan juga disahkan pada Rabu akan memungkinkan investor mengompensasikan kerugian kripto yang telah direalisasikan selama 10 tahun ke depan. Amendemen pajak keluar yang disahkan pada Kamis akan mencakup keuntungan yang belum direalisasikan ketika wajib pajak dengan aset kripto rumah tangga senilai lebih dari 800.000 euro ($895.000) memindahkan tempat tinggal mereka ke luar negeri.
Usulan pajak kripto di Eropa menerapkan pendekatan yang berbeda
Pada Rabu, Kementerian Ekonomi Nasional dan Keuangan Yunani menerbitkan rancangan undang-undang yang mengusulkan pajak 10% atas keuntungan modal kripto individu, dengan pengecualian untuk keuntungan tahunan hingga 500 euro ($560).
Berbeda dengan usulan pajak Prancis atas konversi kripto, usulan Yunani tidak akan mengenakan pajak atas pertukaran kripto dengan kripto.
Prancis dan anggota Uni Eropa lainnya harus menerapkan aturan pelaporan pajak blok tersebut berdasarkan amendemen kedelapan atas Directive on Administrative Cooperation (DAC8).
DAC8 mewajibkan penyedia layanan kripto mengumpulkan identitas pengguna dan data transaksi, lalu melaporkannya kepada otoritas pajak nasional. Otoritas tersebut kemudian bertukar informasi dengan mitranya di negara-negara anggota UE. Persyaratan pelaporan kripto mulai berlaku pada 1 Januari 2026. Pertukaran informasi pertama yang mencakup transaksi tahun 2026 harus dilakukan paling lambat September 2027.
Majalah: Cara kerja aturan pajak kripto UE bagi pengguna dan platform
